Pengertian Bunyi

Pengertian Bunyi

Bunyi adalah Gelombang Longitudinal
Bagaimana bunyi-bunyian dapat sampai ke telinga kita, sehingga bunyi dapat kita dengarkan ? untuk menyelidikinya coba kamu lakukan kembali unjuk kerja 4.1 memukul garpu tala, sehingga timbul bunyi.


Bunyi garpu tala menuju telinga dihantarkan oleh partikel-partikel udara. Pada waktu bunyi keluar dari garpu tala, langsung menumbuk molekul-molekul udara.


Molekul-molekul udara menumbuk udara di sebelahnya yang mengakibatkan terjadi rapatan dan regangan demikian seterusnya sampai ketelinga.


Molekul-molekul udara tidak pindah, tetapi hanya merapat dan meregang. Bunyi sampai telinga merambat dalam bentuk gelombang.


Gelombang yang tersusun dari rapatan dan regangan adalah gelombang longitudinal. Jadi, bunyi merambat berupa gelombang longitudinal.


Bagaimanakah Bunyi dapat terdengar ?
Bagaimana bunyi dapat didengar ? dari pembahasan di atas sumber bunyi ditimbulkan oleh benda-benda yang bergetar. Sehingga syarat terjadinya bunyi adalah adanya benda yang bergetar.


Astronaut yang berada di bulan apakah bisa bercakap-cakap langsung dengan temannya ? tentunya percakapannya dilakukan dengan menggunakan bahasa isyarat. Karena mereka tidak bisa mendengar.


Hal itu disebabkan di bulan hanya udara (tidak ada medium perantara). Sehingga kita dapat mendengar bunyi jika ada medium yang dapat merambatkan bunyi.


Masih ada satu syarat lagi agar bunyi dapat didengar, yaitu ada pendengar atau penerima.


Dengan demikian syarat terjadi dan terdengarnya bunyi adalah :
a) Ada sumber bunyi (benda yang bergetar)
b) Ada medium yang merambatkan bunyi
c) Ada penerima (pendengar)

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts